RSS

Senyum

03 Jun

“Gitu dong, senyum. Kan kalau senyum jadi lebih cantik”

Itu kata-kata seniorku. Jujur, kata-kata itu yang paling aku ingat dari dia. Bukan karena saking banyaknya dia memberi kalimat penyemangat, tapi karena itu adalah satu-satunya kalimat penyemangat dari dia. Selebihnya, jangan ditanya. Dia selalu mengeluarkan ejekan-ejekan yang membuat pusing kepala setiap dia merasakan kehadiranku kapan saja, dimana saja. Sangat menyebalkan. Maka, ketika suatu saat dia berkata demikian, aku hanya tertegun. Yang ada di pikiranku saat itu adalah “Ni orang kesambet apaan?”

Aku tidak menghiraukan kalimat itu untuk waktu yang cukup lama. Ketika aku semakin sering berhadapan dengan berbagai realita sosial, kalimat ini menjadi salah satu penyemangatku. Bahwa aku bisa diterima. Bahwa dengan tersenyum, orang tidak akan salah paham padaku. Mereka tidak akan menganggap aku sombong, angkuh, ataupun eksklusif.

Hari ini pun aku harus tersenyum. Tidak peduli seberapa dipaksakannya senyum itu. Tidak peduli hatiku dongkol setengah mati. Tidak peduli diriku merasa sangat tidak nyaman. Aku harus tersenyum. Ya, aku akan tersenyum.

Hari ini aku bertemu orang yang sangat membuatku tidak nyaman. Aku selalu menghindari dia. Caranya bersikap tidak menyenangkan hati. Mungkin itu karena dia tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Aku dapat menuliskan banyak hal yang tidak kusukai dari dirinya. Tetapi akhirnya hanya ada rasa tidak sukaku padanya.

Satu hal yang kupahami, bahwa ketika kau membenci seseorang, perbuatan baiknya tetap saja akan menjadi buruk bagimu. Tetapi jika kau mencintai seseorang, perbuatan buruknya hampir tidak mengganggumu.

Maka, aku akan tersenyum.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 3, 2012 in curcol

 

Tinggalkan Balasan

 
